Berkendara Aman Saat Penghujan

Jakarta – Tak terasa kita telah memasuki bulan Oktober, bulan yang secara klimatologi menandakan dimulainya musim penghujan sampai dengan bulan April. Musim penghujan tentunya akan menjadi tantangan tersendiri khususnya para pengendara sepeda motor dalam mobilitasnya. Jalan basah bahkan banjir, jarak pandang menurun, sampai kondisi lalu lintas yang cenderung lebih semrawut akan kembali dihadapi. Berkaitan dengan hal-hal tersebut, bagaimana tetap aman dan nyaman dalam berkendara?

Berikut beberapa tips yang disampaikan oleh Victor Assani, Ketua Bidang Road Safety & Motorsport, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) :

  1. Siapkan perlengkapan berkendara di musim hujan, seperti jas hujan, sepatu anti air maupun pengaman tas. Sehingga kita akan lebih nyaman dalam berkendara. Khusus jas hujan, kami merekomendasikan jas hujan yang menempel ke tubuh dengan nyaman dan tidal mudah tersingkap apalagi berkibar-kibar.
  2. Pastikan kondisi kendaraan, rem, ban dan lampu baik depan maupun belakang harus diperiksa dan dipastikan dalan kondisi yang baik dan standar. Karena pada saat hujan jarak pandang, situasi jalan termasuk lalu lintas sendiri akan berbeda sehingga perlu kondisi kendaraan yang lebih prima.
  3. Kendalikan diri dalam berkendara, jaga jarak aman, tidak memaksakan untuk mendahului maupun menerjang air dan yang paling penting adalah jangan ngebut. Karena kondisi hujan kita dituntut konsentrasi lebih dibandingkan kondisi normal (tidak hujan).
  4. Perhatikan medan, usahakan melewati medan atau jalur yang kita mengenal dengan baik, karena sering kali adanya genangan air itu memanipulasi kondisi jalan berlubang. Ini yang sangat membahayakan kalau kita tidak mengenali medan.
  5. Taati peraturan lalu lintas. Pesan ini seolah klise, namun justru sangat penting untuk diingatkan. Karena buru-buru, maka misalnya di lampu merah mengabaikan traffic light. Ini sangat berbahaya.

Sekali lagi, keselamatan berkendara adalah hal yang utama dan semua itu kuncinya ada pada pemahaman dan kesadaran serta keselamatan itu sendiri dari diri kita.

Menu